Pelatihan Ko-infeksi Hepatitis-HIV

Sejak tgl 14-25 Feb 2011 di kantor ASHM, Sydney dilaksanakan training Hepatitis-HIV Co infection. Peserta berasal dari Thailand, Indonesia, Vietnam, Kambodja, Sri langka dan Laos. Semua negara ternyata mempunyai masalah hepatitis virus dan dengan adanya HIV juga sekarang menghadapi masalah ko infeksi hepatitis dan HIV.

Kita sudah mengenal Infeksi oprtunistik tb yang merupakan penyebab kematian utama pada infeksi HIV. Ternyata jangka panjang ko infeksi hepatitis C dan B juga akan menjadi ancaman bagi teman-teman Odha. Kita juga masih ingat bagaimana sahabat sahabat Odha memperjuangkan ketersediaan obat hepatitis di ICAAP Bali tahun 2009 lalu. Pada pertemuan ini dibahas lebih dalam epidemiologi, transmisi, testing dan manejemen serta juga bagaimana kerjasama dengan semua fihak untuk mengendalikan permasalahan hepatitis dan hepatitis HIV ko infeksi ini.

Australia sudah mempunyai strategi nasional hepatitis C dan sekarang juga diikuti dengan strategi hepatitis B. Strategi nasional Australia ini sebagaian dapat kita jadikan contoh dalam melakukan penangulangan hepatitis dan hepatitis HIV ko infeksi di negeri kita. Peserta dari Indonesia Evy (Pokdi) dan Julferdi (hepatologist). Sedangkan saya hadir mewakili PDPAI karena pelatihan ini dilaksanakan oleh ASHM bersama PDPAI. IDI sebenarnya sudah tiga kali melakukan pelatihan HIV dan hepatitis dan dengan pendalaman permasalahan yang diperoleh pada pelatihan ini, diharapkan cita-cita kita bersama mengurangi transmisi hepatitis dan HIV serta pengobatannya bagi yang sudah terinfeksi dapat terwujud.

Pada tgl 28 Juli 2011 WHO untuk pertama kalinya kali mengadakan Hari Hepatits Sedunia. Mari kita jadikan tahun 2011 ini menjadi tahun peningkatan upaya pencegahan dan peningkatan akses terapi hepatitis dan hepatitis HIV ko infeksi . * Samsuridjal

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s