Tes HIV Cukup 20 Menit Saja

MELBOURNE, – Uji HIV yang hasilnya bisa diketahui dalam waktu 20 menit segera akan tersedia di Melbourne, Australia.

Di masa lalu, pasien harus  menunggu selama beberapa hari, sebelum bisa mengetahui hasil tes. Namun menurut laporan ABC, semua itu segera akan berubah. Nanti, di Melbourne,  uji HIV akan  bisa diketahui hasilnya  dalam waktu 20 menit.

Uji yang sama sekarang juga sedang dicoba di negara bagian New South Wales. Menteri Kesehatan negara bagian Victoria David Davis mengumumkan program percobaan ini pada pembukaan festival gay dan lesbian  Midsumma di Melbourne, hari Minggu (13/1/2013).

Davis mengatakan, uji ini akan tersedia di sebuah pusat kesehatan masyarakat di Melbourne dalam waktu enam bulan mendatang.

“Ini merupakan langkah penting guna mendeteksi HIV lebih awal, memungkinkan perawatan segera, namun yang lebih penting adalah  ini juga bagi dari pencegahan.” kata Davis.

“Bukti internasional sangat jelas menunjukkan bahwa deteksi awal berarti perawatan awal. Perawatan awal berarti mencegah  penyebaran penyakit tersebut.”

Pemerintah Australia belum memutuskan klinik mana saja yang akan bisa melakukan uji tersebut.

Menurut laporan koresponden Kompas di Australia L. Sastra Wijaya, bulan lalu, Therapeutic Goods Administration, badan yang memberikan persetujuan bagi semua hal  yang berkenaan dengan hal-hal medis memberikan persetujuan bagi uji HIV terbaru tersebut boleh digunakan di Australia.

Berbagai organisasi HIV menyambut baik persetujuan ini, dengan mengatakan ini merupakan langkah penting guna mengurangi  penyebaran virus HIV.

http://sains.kompas.com/read/2013/01/13/07252481/Tes.HIV.Cukup.20.Menit.Saja.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s