Penderita AIDS/HIV Ibu Rumah Tangga Meningkat

STOP AIDSTRIBUNNEWS.COM, BANDUNG – Kasus HIV/AIDS di Jawa Barat terus meningkat. Kota Bandung pada tahun 2011 ini masih menduduki peringkat teratas sebagai kota dengan penderita HIV AIDS tertinggi. Meski penderita masih didominasi oleh pengguna napza suntik, namun trend peningkatan justru menimpa ibu rumah tangga dan anak-anak.

Menurut Sekretaris KPA Kota Bandung, Koswara Songka, dari catatan KPA Kota Bandung pada Desember 2010, jumlah kasus HIV/AIDS di Kota Bandung sudah mencapai 2200 penderita. Dipastikan jumlahnya bertambah pada tahun 2011 ini.

“Secara prosentase belum kita hitung, namun ada penambahan (jumlah penderita) setiap bulannya,” kata Songka, Senin (4/4).

Ironisnya, katanya, peningkatan jumlah penderita justru dialami oleh ibu-ibu rumah tangga dan secara otomatis menimpa pula pada anak-anak. Adanya peningkatan tersebut, karena baru diketahui oleh si penderita yang kemudian melaporkan kasusnya ke Warga Peduli Aids (WPA) atau ke puskesmas. Sebelumnya para ibu rumah tangga ini tidak menyadari kalau sudah terpapar HIV/AIDS.Dari data yang masuk, ibu rumah tangga yang perpapar HIV/AIDS mencapai 7 persen dari 2200 kasus. Sedangkan kasus pada bayi/anak mencapai 4 persen dengan rentang usia 0-14 tahun

 

Sumber: Tribun Jabar

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s