Tinggi, Laju HIV-AIDS di Bandung

BANDUNG, KOMPAS.com – Kota Bandung dengan jumlah pengidap HIV-AIDS tertinggi di Jawa Barat terus mendorong warga peduli AIDS (WPA) hingga tingkat kecamatan. Melalui WPA diharapkan bisa mengurangi stigma dan diskriminasi terhadap orang dengan HIV-AIDS (ODHA) dari masyarakat.

“WPA ini merupakan pionir di lingkungannya. Dengan berbagai kegiatannya, WPA dapat mengajak masyarakat untuk memahami persoalan HIV-AIDS lebih mendalam. Sehingga mereka tidak lagi mendiskriminasikan ODHA yang ada di sekitarnya,” ujar Koswara Sonka, Sekretaris Harian Komisi Penanggulangan AIDS Kota Bandung usai acara Talk Show HIV dan AIDS di Kompleks Riung Bandung Kecamatan Rancasari Kota Bandung Minggu (6/3/2011).

Saat ini, dari 30 kecamatan di Bandung, baru tujuh kecamatan yang memiliki WPA. Secara bertahap WPA diharapkan terus bertambah mengingat tingginya laju kasus HIV-AIDS di Bandung. Menurut catatan Dinas Kesehatan Jawa Barat, sekitar 39 persen dari 5.680 kas us HIV-AIDS di Jabar terjadi di Kota Bandung, atau 2.196 kasus.

Camat Rancasari Ai Sutriansih mengajak warga agar meningkatkan pengetahuan terhadap HIV-AIDS secara benar. Dengan begitu, diharapkan tidak terjadi lagi pengucilan terhadap ODHA. Kegiatan itu dihadiri 250 peserta dari berbagai unsur,  mulai pengurus RT/RW hingga pelajar.

Epidemi HIV berkembang sangat pesat di seluruh dunia termasuk Indonesia. Kasus ini tengah mengakibatkan kematian 25 juta orang dan saat ini terdapat lebih dari 33 juta orang yang hidup dengan HIV. Setiap hari terdapat 7.400 kasus baru HIV atau 5 orang per menit dan 96 persen di antaranya merupakan populasi di negara berkembang.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s